Aldi My Teacher is WWW. #Tidak ada rugi untuk belajar hal baru.

Mengenal Android dan Mengapa Android ???

1 min read

android

Apa itu Android

Android adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Google khususnya untuk smartphone dan tablet. Berbagai macam produsen telah menggunakan Android sebagai sistem operasi untuk device yang mereka produksi. Android juga mempunyai store dimana terdapat 1 miliar pengguna aktif.

Mengapa Android

Muncul pertanyaan kenapa menggunakan Android ? Android memanjakan penggunanya dengan fiturnya yang sangat canggih seperti tampilan ui yang bagus baik dari segi user interface dan user experience, dapat digunakan sebagai alat multimedia seperti pemutar musik dan video, dan juga menggunakan perangkat keras seperti akselerometer, gyroscope dan sensor lainnya ke dalam aplikasi. Disamping itu ada beberapa hal yang membuat Android sebagai sistem operasi yang memang layak digunakan oleh pengguna atau dikembangkan oleh para developer, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Sistem Operasi SmartphoneTerpopuler

Sejak direlease pada tahun 2008, Android mengeluarkan beberapa versi dan hingga saat ini yang terbaru adalah Nougat yang di release pada tahun 2016. Pada tahun 2013 Android menjadi best-selling OS pada tablet dan menjadi os yang majoritas digunakan oleh pengguna smartphone. Tercatat pada tahun 2016 store Android memiliki lebih dari 2.7 juta aplikasi dan lebih dari 2 miliar penggunaaktif tiap bulannya.

Android menarik untuk para perusahaan teknologi yang membutuhkan barang siap jadi, biaya rendah dan kustomisasi os untuk perangkat teknologi tinggi mereka. Dengan beberapa kelebihan tersebut membuat perusahaan-perusahaan besar mengeluarkan produknya dengan menggunakan sistemoperasi Android.

Source code dari Android dikeluarkan oleh Google dengan memiliki lisensi open source, sehingga menarik para komunitas developer dan entusias untuk menggunakannya dalam project komunitas.

Development Kit untuk developer

Android Software Development Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. SDK di dalamnya terdapat beberapa tools untuk mengembangkan aplikasi seperti debugger, software libraries, emulator, dokumentasi, sample code dan tutorial.

Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java, namun ada beberapa Bahasa lainnya yang juga support untuk mengembangkan aplikasi Android seperti C++, dan Go. Dan pada Google IO 2017 menjadikan Kotlin sebagai Bahasa yang disupport resmi oleh Google.

Berbicara tentang pemrograman tentunya tidak lepas dari Integrated Development Environment(IDE) yang bisa dipakai oleh para Developer. Pada 2014 Google mengeluarkan IDE yang bernama Android Studio yang berbasikan dari Intellij IDEA. Dengan menggunakan Android Studio para developer dapat membuat aplikasi dari nol hingga publish ke dalam store. Android Studio juga mempunyai beberapa fitur built-in yang sangat membantu para developer untuk memaksimalkan proses pembuatan aplikasi seperti Gradle, Code Completion, dan terintegrasi dengan beberapa services dari Google seperti Firebase.

Sejarah Android

2.3 (GingerBread)

4.0 (Ice Cream Sandwich)

4.1 (JellyBean)

4.2 (JellyBean)

4.3 (JellyBean)

4.4 (KitKat)

5.0 (Lollipo)

5.1 (Lollipo)

6.0 (MarshMallow)

7.0 (Nougat)

7.1 (Nougat)

8.0 (Oreo)

8.1 (Oreo)

9.0 (Pie)

10 (Q)

Aldi My Teacher is WWW. #Tidak ada rugi untuk belajar hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *